Jumat, 18 Oktober 2013

Sistem Informasi bagi Perusahaan

1.Dari uraian singkat mengenai definisi informasi yang anda ketahui,kebutuhan informasi apa yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan manajemennnya ?
Sebut dan jelaskan hal tersebut berikut contoh perusahaan yang memanfaatkan informasi tersebut (seperti contoh perusahaan SAMPOERNA. Cari contoh lainnya minimal 1 perusahaan.)
Jawab:
Informasi adalah data yang telah diproses, atau data yang memiliki arti.
Informasi merupakan salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajer, selain Manusia, Material, Mesin dan Uang. Informasi dapat dikelola seperti halnya sumber daya yang lain. Semakin besar skala operasi perusahaan, manajer semakin mengandalkan informasi dan sangat mungkin menggangap informasi sebagai sumber daya mereka yang paling berharga.

Kebutuhan informasi didasarkan pada :
 a.Kompleksitas kegiatan bisnis yang semakin meningkat
   (Pengaruh ekonomi internasional, persaingan Dunia)
b.Kemampuan komputer yang semakin meningkat

Contoh Perusahaan : PT. Lautan Berlian Utama Motor
PT. Lautan Berlian Utama Motor adalah salah satu Group Dealer khusus merek Mitsubishi yang memiliki 20 cabang di pulau Jawa dan Sumatra, dengan pusatnya di Jakarta. Karena memiliki banyak cabang yang tersebar, pihak manajemen tidak dapat mengetahui keadaan bisnis dari seluruh cabangnya secara langsung dan dengan waktu yang cepat. Pihak manajemen akan menggunakan laporan sebagai informasi untuk mengetahui keadaan bisnis dan keuangan perusahaan. Dengan demikian informasi merupakan sumber yang paling penting bagi pihak manajemen (manajer) dalam suatu perusahaan.

2.Sebut dan jabarkan lima bentuk sumber yang di kelola oleh seorang manajemen?
Jawab:
Lima bentuk sumber yang dikelola oleh seorang manajer adalah :
1.   Manusia : Sumber daya manusia (karyawan).
2.   Material : Sumber daya alam (bahan baku).
3.  Mesin termasuk fasilitas dan energi : Teknologi adalah satu alat bagi manajer untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan usahannya.
4.   Keuangan : Modal.
5.   Informasi termasuk data : Informasi (termasuk data) adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajer, selain Manusia, Material, Mesin dan Uang.
Dengan mendapatkan data mentah lalu mengolahnya sehingga menghasilkan informasi yang berguna, baru setelah itu memanfaatkan secara efektif untuk mengambil keputusan dan jika perlu mengganti informasi yang usang.
Empat jenis sumber daya pertama (Manusia, Material, Mesin termasuk fasilitas dan energi, dan Keuangan) merupakan sumberdaya fisik sedangkan sumberdaya terakhir (Informasi (termasuk data) merupakan sumberdaya konseptual.

3. Elemen lingkungan adalah organisasi/individu yang berada di luar perusahaan dan mempunyai pengaruh langsung/tak langsung pada perusahaan.
Sebut dan jelaskan elemen-elemen lingkungan manakah yang dapat secara mudah berhubungan dengan perusahaan yang mengunakan transmisi elektronik.
Jawab:
 a. Masyarakat keuangan  terdiri dari  lembaga-lembaaga yang mempengaruhi sumber daya uang yang tersedia bagi perusahaan. Contohnya meliputi bank dan lembaga peminjaman lainnya, serta perusahaan-perusahaan investasi.
b. Pemasok, disebut juga vendor, memasok bahan, mesin, layanan, dan informasi yang digunakan oleh perusahaan untuk menghasilkan produk dan layanannya.
c. Pemegang saham atau pemilik adalah orang yang menginvestasikan uangnya pada perusahaan dan merepresentasikan tingkat manajemen tingkat tertinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar